The Effectiveness Of Gathering Events In Increasing Sales Gold Installment Products PT. Bank Syaria'h Indonesia  Ciawi Sub-Branch Office

Authors

Keywords:

event gathering, penjualan, produk cicil emas, efektivitas, bank syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas event gathering dalam meningkatkan penjualan produk cicil emas di PT Bank Syari’ah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ciawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada sepuluh responden yang merupakan nasabah BSI yang pernah mengikuti kegiatan event gathering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, memiliki tingkat pendidikan tinggi, dan telah menjadi nasabah selama lebih dari dua tahun. Hasil uji linearitas menunjukkan adanya hubungan linear yang signifikan antara efektivitas event gathering dan peningkatan penjualan produk cicil emas. Uji hipotesis memperkuat temuan ini dengan menunjukkan bahwa event gathering terbukti efektif dalam mendorong penjualan. Selain itu, analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara kedua variabel berada dalam kategori kuat. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan event gathering dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan minat dan keputusan pembelian produk cicil emas berbasis syariah.

References

Azizah, A., Fitriyani, Y., & Purwanto, P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Ciol Emas di Bank Syariah Indonesia KCP Magelang Gatot Soebroto. Jurnal Akuntansi Manajemen, 03(3), 64-69.

Hukum, J., & Syariah, E. (2021). J-HES.

Khotimah, Martina 2017. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan Griya IB Hasanah Di BNI Syariah Cabang Bengkulu.”

Kurniawan Lubis, N. (2024). Analisis Strategi Promosi pada Produk Gedai Emas Dan Cicil Emas Pada Perusahaan Pegadaian Kota Dan Bank Syari'ah Indonesia KCP Mandaling Natal. Januari.

Putra, I. (2022). Jurnal Ekonomi Rabbani.

Putri, N. A., & Ardyanayah, F. (2023). Implementas Islamic Marketing Mox pada Produk Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia Kontor Cabang Basulo Rahmat Surabaya Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syari'ah.

Ramadhan, D., & Soemarso. Embun Duriany, K. S. (2022). Strategi Pemasaran Digital Produk Cicil Emas pada Bank BST KCP Semerang Banyumanik. Jurnal Pustaka Aktiva.

Robby, F. D. (2024). DALAM MENINGKATKAN INVESTASI PADA BANK SYARIAH

Saat ini beragam cara masyarakat yang bisa dilakukan untuk menabung dan mengembangkan hartarnya.

Robby, F., & Dakwah, P. M. (2024). DALAM MENINGKATKAN INVESTASI PADA

BANK SYARIAH Saat ini beragam cara masyarakat yang bisa dilakukan untuk menabung dan mengembangkan hartanya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Persada.

Tabrani, A., Baihaqi, W., & Suryapermana, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Melakukan Cicilan Emas Di Bank Syari,ah Indonesai KCP Pandeglang.

Yogi, G. A., & Basir, G. (2023). Syariah Indonesia Lep Pulau Punjung Kabupaten.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

The Effectiveness Of Gathering Events In Increasing Sales Gold Installment Products PT. Bank Syaria’h Indonesia  Ciawi Sub-Branch Office. (2025). Strategic Management Research Journal, 1(1). https://e-journal.tematikapertanusantara.sch.id/index.php/STRAMER/article/view/11